Ilmuwan Indonesia dari MIT Kembangkan Tekstil Cerdas dengan Machine Learning

TEKSTILPOST.ID – Peneliti MIT, salah satunya berasal dari Indonesia, menghasilkan tekstil pintar yang pas dengan tubuh, sehingga mereka dapat merasakan postur dan gerakan pemakainya dengan menggunakan proses fabrikasi baru.

Mereka menggabungkan jenis khusus dari benang plastik dan menggunakan panas untuk sedikit melelehkannya; proses ini disebut thermoforming.

Dengan demikian, para peneliti mampu meningkatkan presisi sensor tekanan yang dijalin ke dalam tekstil rajutan berlapis-lapis, yang mereka sebut 3DKnITS.

Mereka menggunakan proses ini untuk membuat sepatu dan alas pintar, dan kemudian membangun sistem perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengukur dan menafsirkan data dari sensor tekanan secara real-time.

Sistem machine learning tekstil para peneliti memprediksi gerakan dan pose yoga yang dilakukan oleh seseorang yang berdiri di atas tikar tekstil pintar dengan akurasi sekitar 99 persen.

“Proses fabrikasi yang memanfaatkan teknologi rajutan digital, memungkinkan pembuatan prototipe secara cepat dan dapat dengan mudah ditingkatkan untuk pembuatan skala besar,” kata Irmandy Wicaksono, asisten peneliti di MIT Media Lab dan penulis utama makalah yang mempresentasikan 3DKnITS, dikutip dari rilis pers, Sabtu (16/7/2022).

Teknik ini dapat memiliki banyak aplikasi, terutama dalam perawatan kesehatan dan rehabilitasi. Misalnya, untuk memproduksi sepatu pintar yang melacak gaya berjalan seseorang yang belajar berjalan lagi setelah cedera; atau kaus kaki yang memantau tekanan pada kaki pasien diabetes untuk mencegah borok.

“Dengan rajutan digital, Anda memiliki kebebasan untuk merancang pola Anda sendiri dan juga mengintegrasikan sensor di dalam struktur itu sendiri, sehingga menjadi mulus dan nyaman, dan Anda dapat mengembangkannya berdasarkan bentuk tubuh Anda,” tutur Wicaksono.

Sumber : Liputan 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *