Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2022 Tembus 5% Secara Tahunan

TEKSTILPOST.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Indonesia pada kuartal I-2022 berhasil tumbuh 5,01% secara tahunan (yoy).

Kepala BPS Margo Yuwono menyebut, kinerja perekonomian pada tiga bulan pertama tahun ini cukup apik dan bahkan, sudah mendekati pola pergerakan ekonomi pada pra pandemi Covid-19.

“Tingginya angka pertumbuhan pada kuartal I-2022 ini karena ada pemulihan ekonomi masyarakat,” tegas Margo dalam paparan terkait Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2022 secara daring, Senin (9/5).

Margo menjelaskan, sumber pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2022 dari sisi pengeluaran adalah konsumsi rumah tangga. Sedangkan dari sisi lapangan usaha, sumber pertumbuhan datang dari industri pengolahan.

Konsumsi rumah tangga berhasil tumbuh 4,34% yoy dengan distribusi pada pertumbuhan ekonomi hingga 53,65%. Perbaikan konsumsi rumah tangga ini didorong oleh mobilitas penduduk yang makin baik dan makin optimistisnya masyarakat untuk berbelanja.

“Masyarakat sudah mulai berbelanja selain kebutuhan pokok, tetapi juga mulai melakukan konsumsi di bidang tersier seperti hotel, angkutan, restoran, dan lain-lain,” jelas Margo.

Industri pengolahan pada kuartal I-2022 berhasil tumbuh 5,07% yoy, dengan distribusi pada pertumbuhan ekonomi sebesar 19,19%. Pertumbuhan industri pengolahan ini tak lepas dari kinerja subsektor-sub sektornya.

Seperti subsektor industri tekstil dan pakaian jadi berhasil tumbuh 12,45% yoy, industri makanan minuman tumbuh 3,5% yoy, kemudian subsektor kimia, farmasi, dan obat tradisional tumbuh 6,47% yoy, serta industri alat angkutan tumbuh 14,20% yoy.

SUMBER : Kontan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *