Ketua Fraksi PDIP Memo Hermawan Mendatangi Tol Cisumwadu

Memo Hermawan merupakan anggota DPRD Provinsi pada tanggal 2 Februari 2022. Beliau mendatangi Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang telah diresmikan pada Januari tahun ini. Kedatangan Memo Hermawan kesana untuk melihat bagaimana operasional yang telah berlangsung serta mengapresiasi peresmian tol tersebut meskipun mengalami keterlambatan dalam peresmiannya.

Tol Cisumdawu yang seharusnya diresmikan pada tahun 2019, mengalami kemunduran dikarenakan beberapa titik jalan mengalami longsor, karena master plan yang telah dibuat harus melalui uji kondisi di tiap titik tol sepanjang 11,45km tersebut bukan tidak mungkin mengalami lost kondisi. Sehingga kejadian yang berpotensi menimbulkan bencana dapat diprediksi lebih awal.

Melalui wawancara bersama, Memo Hermawan  menuturkan bahwa memang dasar keterlambatan dari mundurnya perencanaan tol Cisumdawu karena bencana longsor, serta dalam pelaksanaanya ada pembangunan yang tidak akurat sehingga harus dilakukan pengkajian rekayasa ulang tanah secara keseluruhan diberbagai titik yang memiliki potensi longsor.

Kedatangan Memo Hermawan dikarenakan sebagian saham dari tol cisumdawu dimiliki oleh pemerintah sehingga hal itu menjadi perhatian untuk melihat bagaimana berjalannya operasional dari tol tersebut. Beliau juga mengharapkan dengan peresmian tol Cisumdawu menjadi bantuan yang optimal untuk berjalannya BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) agar segera beroperasi kembali.

Dengan adanya tol Cisumdawu, akses ke Bandara Internasional Jawa Barat dapat ditempuh hanya dengan waktu 40 menit, sedangkan ketika melalui jalur biasa akan menempuh waktu 2,5 sampai 3 jam. Hal itu lah yang menjadi perhatian mengapa tol Cisumdawu harus dapat cepat beroperasi dikarenakan akses ke bandara lebih mudah sehingga masyarakat di Jawa Barat memiliki prasarana Bandara sendiri tidak harus ke Soekarno Hatta maupun ke Halim Perdana Kusuma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *