Memo : Jogja Masih Menjaga Budaya Dalam Merawat Lingkungan

TEKSTILPOST.ID – Bandung, 21 Desember 2021, kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Jawa Barat, juga diikuti oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Barat Memo Hermawan ini membawa pembahasan mengenai kondisi kebersihan yang ada dilingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta, ditemui awak media pada 25 Desember 2021 Memo Hermawan menjelaskan bagaimana hasil dari pertemuan dengan Pemda setempat diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DIY.

Menurut beliau dalam hal kebersihan Yogyakarta memiliki pembelajaran besar bagi provinsi-provinsi yang memiliki masalah kebersihan, khususnya provinsi Jawa Barat sendiri, beliau menjelaskan bagaimana permasalahan lingkungan ini menimbulkan berbagai hal yang perlu dibahas baik dari segi infrastruktur, regulasi, hingga menyentuh budaya dalam lingkungan tersebut, “memang berbicara tentang lingkungan ini banyak sekali entitas-entitas yang perlu dibahas dan dicarikan solusinya, bahkan budaya menjaga kebersihan juga harus tetap dijaga” tutur Memo.

Menurut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jabar pada bulan maret lalu, setiap orang berkontribusi menghasilkan sampah 0,5 kilogram per hari maka 23.000 ton sampah dihasilkan setiap hari di Jawa Barat dimana 40 persen dari jumlah sampah tersebut belum tertangani dengan baik. Upaya pemerintah yang telah membuat regulasi seperti Peraturan Gubernur no. 91 tahun 2018 tentang Kebijakan Dan Strategi Daerah Provinsi Jawa Barat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga Tahun 2018-2025 perlu diterapkan oleh masyarakat.

Ketersediaan sarana prasarana untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih juga perlu diadakan sehingga kemungkinan pembangunan budaya menjaga kebersihan dapat terwujud “ bila saya perhatikan di jogja keseluruhan entitas yang ada saling menunjang masyarakat yang sedari dulu telah memiliki budaya menjaga kebersihan” ungkap Ketua Fraksi PDIP. Sebelum meninggalkan rekan media mantan Bupati Kabupaten Garut ini juga menyampaikan bahwa lingkungan yang bersih dapat memberikan dampak kesehatan bagi masyarakat.

Oleh : Santri Agung Wardana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *