Tanggap Bencana! Memo Hermawan Langsung Kunjungi Lokasi Banjir Bandang Garut

TEKSTILPOST.ID – Ketua Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat Memo Hermawan bersama aparatur pemerintah setempat menggelar rapat paska terjadinya bencana Banjir Bandang yang menimpa 2 kecamatan di Kabupaten Garut yaitu Kecamatan Sukawening dan Karangtengah pada Sabtu, 27 November 2021.

“Ada 312 rumah di dua kecamatan, tercatat 500 jiwa penghuni rumah terdampak banjir bandang Garut di Bantaran Kali Citameng,” kata Memo, di Garut, Minggu (28/11)

Dalam pantauan media, rapat yang juga turut dihadiri warga terdampak yang membutuhkan bantuan dengan segera

Memo juga menyampaikan arahan kepada perangkat setempat untuk saling bersinergis menangani permasalahan ini dimulai dengan membuka fasilitas kecamatan untuk menampung korban banjir bandang hingga mendorong pihak-pihak terkait untuk rensponsif saat menerima pengaduan kebutuhan masyarakat, khususnya korban terdampak bencana

“Kami juga akan bantu yang bisa kami upayakan untuk membantu masyarakat,” ucap Memo.

Memo Hermawan memaparkan terjadinya Banjir bandang dikarenakan banyak faktor , salah satunya adalah adanya alih fungsi lahan daerah konservasi menjadi pertanian holtikultura, atau usaha-usaha lain yang membuat lahan konservasi hilang.

“Selain itu, faktor pemeliharan sungai itu sendiri adanya penyempitan daerah aliran sungai dan pendangkalan kedalaman sungai yang menjadi faktor utama naiknya air kepermukaan. Masalah-masalah inilah yang menjadi titik fokus pemerintahan kabupaten, provinsi, sampai pusat,” kata dia.

Diakhir rapat tersebut forum menyepakati untuk Pemerintah Kabupaten Garut untuk dilakukannya pembuatan Sodetan (Terusan Buatan), dan diharapkan ini dapat direalisasikan sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *