Masyarakat Harus Sehat, Pelayanan Kesehatan Jawa Barat Harus Merata

TEKSTILPOST.ID – Sesuai pada pasal 28 H ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang sulit hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Seharusnya dengan adanya program-program yang diberikan pemerintah seperti BPJS dan KIS lebih memudahkan masyarakat mendapatkan haknya.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Jawa Barat Memo Hermawan mengatakan kurang meratanya fasilitas dan tenaga kesehatan di indonesia khususnya di Jawa Barat menjadikan sulitnya masyarakat terutama di daerah terpencil mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

“Yang perlu di fokuskan adalah memaksimalkan sarana dan prasarana seperti alat kesehatan yang sudah modern untuk daerah terpencil. Selain itu kurangnya tenaga ahli kesehatan di daerah terpencil ini yang perlu diatasi pemerintah” ucap Memo, di Bandung, Kamis (18/11).

Selain itu. Memo menilai bahwa kurangnya pemerintah dalam hal pencegahan agar masyarakat terhindar dari sakit. Seharusnya pemerintah fokus kepada pencegahan agar masyarakat tidak jatuh sakit.

“Fokus pemerintah seharusnya bukan hanya pelayanan dan pengobatan saja. Pemerintah juga harus melakukan pencegahan. Ini juga bagian dari penghematan biaya pengobatan,” ujar Memo.

Dia menambahkan bahwa perlu adanya pengoptimalan puskesmas terutama daerah terpencil. Karena Puskesmas merupakan Pusat kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat maka dari ituPuskesmas bukan hanya tempat masyarakat berobat melainkan sebagai fasilitas untuk menjaga masyarakat tetap sehat

“Perlu dimaksimalkan program penyuluhan kepada warga sekitar oleh puskesmas mengenai kesehatan seperti penyuluhan tentang sanitasi, asupan gizi masyarakat dan lain-lain” ucap Memo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *