Ketua Fraksi PDIP Jabar Minta Pembenahan Logistik Untuk Industri

TEKSTILPOST.ID – Jawa Barat masih di posisi atas untuk menjadi salah satu penopang perekonomian nasional. Pada triwulan II/2021 secara year on year (yoy) tumbuh melejit 6,13 persen, sedangkan secara kumulatif hingga triwulan II/2021 tumbuh 2,54 persen.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Jawa Barat Memo Hermawan mengatakan bahwa perlu adanya optimalisasi dibidang infrastruktur penunjang yang memudahkan investor menjalankan usahanya.

“Infrastruktur logistik seperti jalan dan perkeretaapian perlu di optimalkan agar memudahkan mobilitas kegiatan ekonomi yang nantinya mampu menarik investor” ujar Memo, Kamis (4/11).

Dia juga menambahkan, perekonomian di Jawa Barat sudah kembali hidup dengan adanya penerapan protokol kesehatan dibeberapa titik tertentu. Selain itu, industri di Jawa Barat perlu memanfaatkan krisis energi di China dan India untuk meningkatkan ekspor dan menguasai pasar domestik.

“Krisis energi di China dan India perlu dimanfaatkan dan difasilitasi oleh pemerintah pusat maupun daerah. Kalau cash flow industri lancar, tentunya akan berdampak positif bagi kesejahteraan pekerja. Ini harus dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Ia juga mengakui bahwa importasi barang setengah jadi maupun barang jadi perlu dibatasi. Pasalnya, penyerapan pasar domestik harus dioptimalkan oleh industri dalam negeri, khususnya Jawa Barat. “Contoh industri tekstil, sudah tersedia dari hulu sampai hilir. Sehingga tidak perlu lagi importasi kain karena produksinya sudah tersedia. Tinggal didorong oleh pemerintah dan didukung oleh masyarakat,” ucap Memo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *