Satgas Citarum Harum Cor Saluran Pabrik Tekstil Yang Buang Limbah

TEKSTILPOST.ID – Satgas Citarum Harum mengecor saluran pembuangan limbah pabrik tekstil di Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Senin (25/10/2021). Penutupan ini dilakukan karena industri tersebut kedapatan membuang langsung limbah industri ke anak Sungai Citarum tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Terpantau, limbah cair yang dihasilkan industri tekstil di Desa Kopo berwarna pekat. Ironisnya limbah berbau tak sedap ini langsung dibuang ke anak Sungai Citarum.

Padahal selama ini pemerintah telah bersusah paya melakukan normalisasi Sungai Citarum agar terbebas dari sebutan sungai terkotor di dunia.

Mengetahui hal itu anggota TNI dari Satgas Citarum Sektor 21 langsung menutup paksa saluran pembuangan dengan mengecornya. Pengecoran itu dilakukan agar menimbulkan efek jera bagi pelaku industri dengan tidak lagi membuang limbah sembarangan ke sungai.

“Nanti kita buat pernyataan dan peringatan kepada pelaku industri. Penutupan itu baru bisa dibuka kalau industri sudah mampu mengolah limbah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai,” kata Dansubsektor 12 Citarum Harum, Serka Haerul.

Sementara itu, pihak industri sendiri mengaku hal itu terjadi akibat adanya kebocoran pipa. Pihak industri berjanji akan melakukan perbaikan terhadap instalasi pengolahan air limbah yang dimilikinya. Pihak industri pun tidak akan beroperasi selama instalasi pengolahan limbah diperbaiki.

“Ya kami akan evaluasi dan ketika proses evaluasi paling karyawan diliburkan dulu,” ujar pemilik pabrik, Erwin. 

Sementara itu, menurut Dansubsektor 12 Citarum diperlukan kerja sama antara semua pihak untuk mengembalikan Sungai Citarum menjadi asri dan bersih. Kejadian seperti itu diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *