Lingkungan Industri Tidak Sehat, Jawa Barat Perlu Berbenah

TEKSTILPOST.ID – Jawa Barat memiliki Banyak kawasan industri besar seperti Bekasi dan Karawang. Kegiatan industri tentu  menimbulkan masalah lingkungan terutama pada kawasan pemukiman di sekitar. Penerapan konsep industri hijau diyakini mampu mengatasi isu lingkungan khususnya di sekitar kawasan industri.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Jawa Barat Memo Hermawan berpendapat bahwa perlu adanya ketegasan pemerintah terhadap perusahaan-perusahaan untuk pengolahan limbah industri.

“Pemerintah dapat bertindak tegas dalam pengawasan untuk mencegah, selain itu ketegasan dalam memberi pinalti pada perusahaan yang tidak ramah lingkungan juga di perlukan.”ucap Memo, di Bandung, Senin (25/10).

Selain itu. Memo juga mengusulkan adanya pemberian insentif bagi perusahaan yang bisa menerapkan industri hijau sehingga perusahaan-perusahaan tertarik untuk lebih ramah lingkungan.

“Pemberian insentif ini bisa membuat perusahaan-perusahaan tertarik memakai energi baru terbarukan (EBT) dalam menjalankan aktivitas industrinya” ujar Memo.

Selain itu, dia berpendapat bahwa perlu adanya penataan ulang sekitar kawasan industri agar meminimalisir dampak lingkungan kepada masyarakat di sekitar kawasan. Pasalnya banyak pemukiman yang dekat sekali dengan kawasan industri. Ini dinilai tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Pedoman Teknis Kawasan Industri yang menyebutkan bahwa jarak minimal lokasi kegiatan industri terhadap permukiman maupun perumahan yaitu 2 kilometer.

“Perlu diadakannya penataan kembali kawasan industri dan kawasan pemukiman disekitarnya, juga di buatnya ruang terbuka hijau, dan pembenahan sistem pengunaan air dan pembuangan limbah agar meminimalisir dampak buruk pada masyarakat sekitar” ucap Memo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *