Sungai di Cianjur Sering Jadi Tempat Pembuangan Limbah Tekstil Bandung

TEKSTILPOST.ID – Sejumlah aliran sungai sepanjang Jalan Veteran (Lingkar Timur) di Kabupaten Cianjur menjadi pembuangan limbah yang diduga dari instalasi pembuangan air limbah (IPAL) dan bahan berbahaya dan beracun (B3). Hal ini sangat berbahaya karena berpotensi mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Limbah IPAL dan B3 berasal dari perusahaan tekstil di daerah Majalaya Kabupaten Bandung. Sedangkan aliran sungai sepanjang Jalan Lingkar Timur Cianjur ini bermuara ke Citarum.

“Tidak hanya akan mencemari DAS Citarum, tapi juga kesehatan warga di lingkungan sekitar pembuangan dan sepanjang aliran sungai,” ujar Kepala Seksi Penegakan Hukum DLH Cianjur, Didin Solihin pada wartawan, Selasa (9/3/2021).

Antisipasi berlanjutnya aksi pembuangan limbah, tutur Didin, pihaknya melakukan beberapa upaya yang strategis dan sistematis. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir, wilayah Cianjur jadi tempat membuang limbah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sebenarnya Cianjur menjadi tujuan pembuangan limbah bukan hanya di Jalan Lingkar Timur, ada lokasi lainnya, salah satunya di daerah Haurwangi,” katanya.

Pihak DLH tidak berdiam diri aaja, saat ini jajarannya akan meningkatkan giat patroli ke sejumlah tempat yang selama ini dijadikan tempat pembuangan limbah.

“Tangkap tangan pembuang limbah beberapa waktu lalu, salah satunya hasil dari giat patroli kita yang ditingkatkan selama ini,’ terangnya.

Sebelumnya, petugas patroli Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, menciduk tiga orang yang kedapatan membuang limbah di ruas jalan lingkar timur Karangtengah, Cianjur. Ketiga pelaku merupakan sopir truk dan dua orang kernet.

Limbah jenis IPAL tersebut merupakan milik salah satu pabrik tekstil di daerah Majalaya, Bandung. Pelaku memasukkan limbah ke dalam karung dan diangkut menggunakan truk.

Ada 16 karung berisi limbah sisa tekstil yang berhasil diamankan petugas. DLH Cianjur sendiri telah melaporkan kasus tersebut ke Polda Jabar.

Sumber: Ayo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *