Texas Akan Cabut Aturan Wajib Masker

TEKSTILPOST.ID – Negara bagian Texas akan mencabut aturan wajib memakai masker dan mengizinkan semua tempat usaha untuk kembali beroperasi dalam kapasitas penuh mulai pekan mendatang, ungkap Gubernur Greg Abbott. “Saatnya membuat Texas 100 persen,” ujar politikus Partai Republik itu pada Selasa, 2 Maret.

Texas sejauh ini adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat yang akan mencabut aturan wajib memakai masker di tengah pandemi Covid-19. Sejak aturan tersebut diberlakukan Juli tahun lalu, Abbott telah menerima gelombang kritik dari internal partai.

Lebih dari 42 ribu orang meninggal akibat Covid-19 di Texas sejak awal pandemi.

Pengumuman pencabutan aturan memakai masker disampaikan Abbott dalam sebuah pidato di Kamar Dagang kota Lubbock pada Selasa kemarin.

“Terlalu banyak warga Texas yang kehilangan kesempatan untuk bekerja,” kata Abbott, dilansir dari laman BBC pada Rabu, 3 Maret 2021. “Terlalu banyak pemilik tempat usaha yang kesulitan membayar tagihan-tagihan mereka. Semua ini harus diakhiri,” lanjutnya.

Ia mengatakan dengan peningkatan vaksinasi dan kualitas perawatan Covid-19, Texas saat ini “sudah berada di posisi yang lebih baik” dari sebelumnya.

“Covid-19 tidak tiba-tiba menghilang begitu saja, tapi mandat (memakai masker) ini sudah tidak lagi diperlukan,” tutur Abbott.

Perintah eksekutif terbaru Abbott, yang akan diberlakukan mulai 10 Maret mendatang, mencabut sebagian besar aturan sebelumnya terkait pembatasan Covid-19 di Texas.

Dalam aturan AS, negara bagian memiliki wewenang untuk menerapkan kebijakan kesehatannya sendiri. Di awal pandemi, sebagian besar negara bagian AS memberlakukan pembatasan terhadap kegiatan usaha dan perjalanan.

Sekitar 35 negara bagian mewajibkan pemakaian masker kala itu, baik untuk di dalam maupun luar ruangan. Dengan menurunnya kasus dan kematian akibat Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir di AS, sejumlah negara bagian mulai melonggarkan aturan.

Tak lama usai pengumuman Abbott, Gubernur Mississippi Tate Reeves mengaku akan melakukan hal serupa secara lebih cepat.

“Mulai besok, kita akan mencabut semua aturan masker, dan tempat usaha akan dapat beroperasi dalam kapasitas penuh,” tegas Reeves.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *