Ribuan Ikan Mati Diduga Karena Limbah Tekstil

TEKSTILPOST.ID – Ribuan ikan di aliran Sungai Pencongan di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mendadak mati sejak beberapa hari terakhir.

Hal itu diduga terjadi karena aliran sungai tersebut tercemar oleh limbah limbah industri tekstil  dan batik yang ada di kawasan tersebut.

Warga di sekitar lokasi sungai pun sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwenang.

Pihak kepolisian setempat juga sudah menurunkan petugas untuk menyelidiki penyebab matinya ikan-ikan di sungai tersebut.

Menurut penuturan seorang warga bernama Wahyu Kurniawan pada Senin (1/3/2021), banyak warga yang mengeluh karena kondisi tersebut juga berpengaruh terhadap air sumur mereka yang turut mengeluarkan bau tidak sedap akibat tercemarnya sungai di lingkungan mereka.

Sementara itu, sembari menunggu hasil dari pemeriksaan oleh pihak yang berwenang, warga pun terus mencoba membersihkan sungai dan menjaring bangkai-bangkai ikan agar pencemaran sungai tidak semakin parah.

Selanjutnya warga berharap hal ini dapat segera teratasi agar kondisi ini tidak berlangsung lama karena sangat membahayakan kesehatan warga terutama yang tinggal di sekitar aliran sungai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *