4 Orang di PHK, Buruh Pabrik Sukabumi Demo Dengan Protokol Kesehatan

TEKSTILPOST.ID – Ratusan buruh pabrik garmen PT Gunung Salak Sukabumi menggelar aksi mogok kerja di halaman pabrik yang beralamat di Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/11/2020). 

Sekretaris Pengurus Tingkat Perusahaan (PTP) Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GBSI) PT Gunung Salak Sukabumi, Didit Kurniawan mengatakan, aksi mogok kerja ini digelar lantaran pihak perusahaan memberhentikan empat orang buruh. Sebelumnya perusahaan telah sepakat bahwa buruh yang diberhentikan itu akan diangkat sebagai karyawan tetap. 

“Ada empat buruh yang di-PHK sebelumnya, dijanjikan akan diangkat sebagai karyawan tetap. Dua orang diantaranya itu warga lingkungan sekitar,” terang Didit kepadapers.

Didit merasa pihak perusahaan tidak memberikan alasan dan dasar yang jelas dalam pemutusan hubungan kerja kepada empat karyawan tersebut. Apalagi, kata Didit, keempat buruh itu sudah bekerja di perusahaan selama lima tahun, atau sejak tahun 2015 lalu.

“Kami minta mereka dipekerjakan kembali dan diangkat sebagai karyawan tetap sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku,” tandasnya.

Para buruh dalam aksi protesnya bahkan sampai menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Meski ada kerumunan, tampak dari beberapa hasil jepretan kamera gawai, hampir semua massa buruh memakai masker saat aksi mogok kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *