Berita Tekstil: Dari Omnibus Law hingga Penjual Kain Terdampak COVID-19

TEKSTILPOST – Selama dua pekan ini, banyak isu-isu terkait industri tekstil dan produk tekstil. Mulai dari aksi unjuk rasa tentang UU Cipta Kerja Omnibus Law hingga penurunan penjualan kain ulos yang berada di Sumatera Utara. Berikut ini TEKSTILPOST.ID rangkum kabar seputar industri tekstil.

Prediksi Volume Tidak Sejalan dengan Target Pemerintah

Di tahun 2020, dua pelaku usaha fesyen dinilai akan bergerak tidak sejalan. Karena volume produksi alas kaki diprediksi akan tumbuh, sedangkan produksi tekstil dan produk tekstil (TPT) tak akan tumbuh di tahun ini.

Hasil Survei: 71% Pekerja Tekstil Kena PHK

Jobstreet Indonesia telah mensurvei persentase tenaga kerja yang terdampak pandemi COVID-19. Adapun pekerja yang terkena imbas dari COVID-19 ini yang diberhentikan pekerjaannya secara permanen maupun sementara yakni berasal dari lima sektor, diantaranya hospitality/catering dengan persentase 85%, parawisata/travel 82%, pakaian/garmen/tekstil 71%, makanan dan minuman 69%, dan arsitektur/bangunan/konstruksi 64%.

Presiden Ingin Ciptakan Lapangan Kerja Sektor Padat Karya Lewat Omnibus Law

Presiden RI Joko Widodo menegaskan, undang-undang sapu jagat alias UU Omnibus Law Cipta Kerja merupakan salah satu jurus pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Data yang diperoleh Jokowi, terdapat 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta yang terdampak pandemi COVID-19.

Penjualan Kain Terdampak COVID, Upah Pekerja di Potong 50%

Rosianna Sagala, yang merupakan penenun ulos yang mengaku upah yang diterima saat mengerjakan kain tenun sekarang dikurangi sampai50% dari sebelumnya. “Upah dikurangi sampai 50%,” ucapnya

Marak Impor Tekstil, Permendag No. 77/2019 Harus Direvisi Tahun Ini

Pelaku usaha tekstil dan produk tekstil (TPT) menilai bahwa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 77 Tahun 2019 tentang Ketentuan Impor TPT seharusnya dapat direvisi paling lambat pada tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *