Program BDI Jakarta Sesuai Dengan Implementasi UU Cipta Kerja

TEKSTILPOST.ID – Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan pembangunan nasional saat ini difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Sehingga, perlu dilakukan program pelatihan dan pendidikan berbasis vokasi secara masig melalui Balai Diklat Industri (BDI).

Di tahun ini, BDI Jakarta melaksanakan program inkubator bisnis dengan judul BDI Jakarta Signature 2020. Menurut Agus, program ini akan menjadi ajang untuk merajut sinergi antara pemerintah, wirausaha baru, calon tenaga kerja industri, dan mitra industri.

“Program inkubator bisnis sesuai dengan implementasi yang diinginkan dalam UU Cipta Kerja Omnibus Law dengan harapan mendorong lahirnya wirausaha dan lapangan kerja baru sehingga ekonomi di Tanah Air dapat pulih seperti semula,” kata Agus dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (13/10).

Dalam Kompas.com, BDI Jakarta mempunyai fungsi untuk melaksanakan diklat secara khusus bagi pengembangan SDM untuk industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Sementara itu, BDI Jakarta berkomitmen berupaya menghasilkan wirausahawan baru yang berdaya saing dan kompeten.

“Program BDI Jakarta yang sampai saat ini menjadi unggulan Kemenperin yakni Diklat 3 in 1, yang mengonsep pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja,” ucapnya.

Pelatihan dan pendidikan ini menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan standar yang ditetapkan dan persyaratan di tempat kerja.

Agus juga optimis dapat menekan tinggat pengangguran, terutama yang terdampak COVID-19. “Kami ingin peserta diklat memiliki inovasi dan kreativitas agar dapat mendukung produktivitas dan daya saing sektor industri, sehingga dapat menopang ekonomi nasional,” ujar Menperin.

Diklat 3 in 1 yang dilaksanakan BDI Jakarta ini, diantaranya Diklat Operator Mesin Industri Garmen, Diklat Operator Tekstil, Diklat Pertenunan Tingkat Supervisi, Diklat Operator QC Pertenunan, Diklat Mekanik Mesin Industri Garmen, Diklat QC Garmen, Diklat QC Tekstil, Diklat Supervisior Garmen, dan Diklat Membatik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *