Adiwarna Nusantara, Festival Belanja Online Untuk Bantu UMKM

TEKSTILPOST.ID – Dampak COVID-19 memang membunuh ekonomi hingga ke segala lapisan masyarakat. Yang paling terasa dampaknya paling dalam yakni  pelaku usaha UMKM. Sehingga, UMKM harus berjuang ekstra dan kreatif agar dapat bertahan di masa pandemi virus corona ini.

UMKM sangat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi kreatif, salah satunya adalah fesyen. Sampai akhir tahun 2019, industri fesyen dan tekstil menyumbang 18% dari pendapatan negara secara keseluruhan. Proyeksi menurunnya ekonomi kreatif ini diprediksi akan terlihat dari pertumbuhan di kuartal I/2020, dimana konsumsi pakaian menjadi komponen utama dari fesyen mengalami penurunan sebesar -3,3% secara tahunan.

Barang fesyen serta brand lokal mengalami penurunan penjualan sebagai akibat menurunnya daya jual beli dan perubahan kebutuhan masyarakat.

Perihal ini, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan produsen, pengusaha, dan penjual barang fesyen di Indonesia.

Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor fesyen ikut ambil bagian dalam acara ini. Jumlah UMKM merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop UKM.

“Lewat kegiatan ini Kemenkop UKM berkomitmen untuk membantu UMKM, khususnya di bidang fesyen, agar bangkit kembali di tengah kendala seperti ini. Kami yakin brand lokal sangat berpotensi menjadi penggerak ekonomi nasional,” kata Victoria Simanungkalit sebagai Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM.

Acara dengan judul Adiwarna Nusantara ini, adalah salah satu event Festival Belanja Online yang akan dilaksanakan pada 19 Oktober hingga 9 November 2020.

Selain itu, kegiatan Festival Belanja Online ini juga mengangkat macam kegiatan, salah satunya live streaming bincang-bincang dengan narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM fesyen. Ditambah, kegiatan ini menjadi momen berbelanja dengan potongan harga atau gratis ongkos kirim.

Untuk mengikuti live streaming Festival Belanja Online Adiwarna Nusantara ini akan dilaksanakan empat hari, yaitu tanggal 22-25 Oktober 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *