Cara Meningkatkan Efektivitas Masker 2 Lapis dan Scuba

TEKSTILPOST.ID – Semenjak wabah COVID-19 menyebat secara global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan salah satu cara mencegah virus masuk kedalam tubuh manusia adalah memakai masker. Masker ini berfungsi untuk menangkal droplet yang mengandung virus corona.

Oleh karena itu epidemiolog Universitas Diponegoro, Budi Laksono mengatakan bahwa efektivitas masker untuk menyaring partikel liur pun harus dipastikan.

“Dalam penggunaan masker untuk mencegahpenularan virus corona, maka masker harus dapat  mencegah pengguna dari resiko masuknya udara yang terkontaminasi. Sebab masker harus sedemikian strukturnya sehingga melekat kulit muka dan tak ada celah yang dimasuki udara yang tidak tersaring,” ungkap Budi, Jumat (18/9).

Dilansir CNN Indonesia, ada berbagai macam masker yang beredar, mulai dari masker medis hingga masker kain. Namun, semenjak pemerintah menetapkan standarisasi masker kain harus memiliki struktur 3 lapis kain membuat masker scuba dan masker 2 lapis menjadi tak laku dipasaran. Tak perlu membuangnya, Budi menyarankan untuk meningkatkan fungsi dan efektivitas filtrasi pada masker tersebut.

Berikut cara meningkatkan efektivitas masker kain scuba dan 2 lapis.

Masker kain 2 lapis

Untuk masker kain dua lapis, Budi menyarankan untuk penambahan tisu di tengahnya. Cara ini guna meningkatkan kerapatan penyaringan.

“Masker kain dua lapis, dengan tisu muka 2 lapis sudah setara ini. Bahkan lebih dikit. Untuk keperluan umum, maka [yang] setara masker bedah, di mana 80% tingkat filtrasi, cukup. Dari asumsi ini, masker kain dengan filtrasi setara, cukup,” ungkap Budi.

Masker Scuba

Pedagang berjualan masker scuba

Jenis masker ini terbuat dari bahan neoprene yang cenderung tipis dan elastis. Sehingga jika ditarik punya menjadi longgar dari pori-porinya membesar.

Belum lagi, masker ini hanya terdiri atas satu lapisan kain. Padahal standar WHO menganjurkan masker tiga lapis.

Namun tak perlu membuang lantas dan membeli yang baru, menurut Budi, pengguna tetap bisa memanfaatkan masker scuba dengan menambah lapisannya agar lebih efektif.

“Gunakan scuba double, diberi tisu di tengahnya. Itu sudah cukup,” ungkap dia.

Ungkapan lain datang dari praktisi klinis yang juga spesialis pulmonologi dan respirasi paru, dokter Muhammad Fajri Adda’i menyarankan dengan menambahkan dua lapis kain katun.

“Memang belum ada penelitian yang menguji kombinasi scuba dan katun dua lapis. Tetapi setidaknya katun dua lapisnya yang akan memberikan proteksi utama. Jadi mungkin katun duluan berada di depan baru scuba,” ungkap Fajri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *