Kemenparekraf Akan Fasilitasi Pelaku Parekraf Bidang Fesyen

TEKSTILPOST.ID Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif, Muhammad Ricky Fauziyani, S. Sos., M. Pd menjelaskan bahwa Kemenparekraf akan memfasilitasi para pelaku parekraf di bidang kriya, fesyen dan interior untuk mendapatkan skema pembelajaran untuk menunjang kemampuan.

Penjelasan tersebut merupakan penegasan dari apa yang disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya., MM, yang menyebutkan bahwa pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif harus didukung oleh kompetensi.

Diantara peningkatan kompetensi tersebut seperti sertifikasi, agar karya yang dihasilkan berkualitas serta memiliki nilai jual yang tinggi. “Jadi nanti kita juga akan membuat satu skema pembelajaran dan itu sifatnya gratis,” jelas Ricky Fauziyani, dalam sebuah acara virtual talkshow bertajuk Obrolan Tentang Batik (OTENTIK): Batik Representasi Indonesia untuk Fesyen, Kriya dan Interior, pada Jumat (28/08).

Sejak mewabahnya Covid- 19, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang terkena dampak signifikan. Salah satu inovasi dan solusi yang digencarkan Kemenparekraf untu mengatasi dampak pada pelaku ekonomi kreatif ialah peningkatan kompetensi dan penggunaan batik.

Dalam hal penggunaan batik, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, menjelaskan keunikan batik yang terletak pada motif dan warna tiap daerah dapat dikolaborasikan dengan fesyen dan desain interior. Hal tersebut dapat dijadikan inovasi untuk mendukung roda perekonomian di Indonesia yang terdampak Covid- 19.

“Meskipun kita punya batik ini sudah dikenal di seluruh dunia, tapi kita harus coba mempertahankan dan menyebarluaskan dalam fase pandemi ini. Kami mendorong serta mengajak para pelaku ekonomi kreatif agar tetap produktif di masa adaptasi kebiasaan baru ini untuk mendukung roda perekonomian Indonesia yang terdampak Covid- 19,” ujar Wisnu, dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *