Karyawan PT Suho Garmindo Tolak Pembebasan Lahan Sepihak Tol Cisumdawu

TEKSTILPOST.ID – Karyawan PT Suho Garmindo melakukan penolakan atas eksekusi pembebasan lahan Tol Cileunyi, Sumedang, Cisumdawu sepihak oleh Pengadilan Negeri Bale Bandung (PNBB). Perusahaan dengan produk busana muslim Rabbani ini menilai bahwa eksekusi tersebut tidak sesuai aturan.

H. Nandang Komara selaku Komisaris PT Suho Garmindo mengecam atas jalannya pengeksekusian tembok pembatas pabrik dengan ketidakjelasan batas-batasan lahan. Eksekutor secara sepihak  mengeksekusi tanpa konfirmasi dahulu ke pihak perusahaan PT Suho Garmindo.

“Kami minta kepastian batas-batas daerah mana yang akan dieksekusi oleh PNBB Klas 1 A. Namun, anehnya mereka yang dilapangan tidak tahu apa-apa. Ini jelas aneh” ujar Nandang, di Cileunyi, Rabu (26/08).

Menurutnya, pada saat pelaksanaan pembongkaran, pihak kontraktor tidak meminta izin dulu kepada manajemen. Alhasil, seluruh pegawai dan manajemen terganggu.

“Kami sebetulnya tak mempermasalahkan lahan tersebut kalau memang untuk kepentingan publik. Yang kami kecewa itu secara teknisnya, tidak beretika. Kami sedang kerja, tiba-tiba ada backhoe robohkan dinding belakang” ucapnya.

Saat dikonfirmasi Pelaksana Eksekusi Lapangan PNBB Budi Sopyan menuding bahwa pelaksanaan eksekusi lahan PT Suho Garmindo telah sesuai prosedur.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung dan pihak pengembang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Untuk pihak yang merasa keberatan PUPR sudah memberikan arahan kepada PNBB dengan mengajukan permohonan administratif tentang keberatan atas lahan yang telah ditetapkan” jelas Budi.

Pada saat pelaksanaan, kata ia, pengadilan hanya mengetahui panjang per lebarnya saja. Sementara, batasan lahan lainnya perlu ditanyakan ke PUPR dan BPN.

“Kami sudah menanyakan langsung ke Pak Andrian selaku pihak PUPR dan Pak Tedi dari pihak BPN” tutup dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *