Melihat Peluang Industri Tekstil Untuk UMKM

TEKSTILPOST.ID – Sejak merebaknya pandemi COVID-19, industri tekstil terus tergerus akibat minimnya permintaan. Inovasi dan kreativitas dituntut untuk melihat peluang agar dipergunakan sebaik-baiknya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa pengusaha dibidang makro maupun mikro memiliki peran yang besar untuk bangsa.

“Masih banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang lebih senang menjual produk impor padahal barang tersebut bisa didapatkan di industri tekstil lokal. Perlu ada dukungan penuh dari semua lini untuk mendukung gerakan produk lokal seperti #BanggaBuatanIndonesia agar dapat bersaing dengan produk luar negeri” kata Teten dalam kegiatan seminar daring yang diselenggarakan oleh Asia Pasific Rayon, Kamis 23/07)

Teten juga menjelaskan UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian Indonesia dengan total 64,2 juta unit usaha dengan serapan hingga 120,6 juta jiwa tenaga kerja serta pangsa pasar hingga 99 persen dari total jumlah usaha yang tersebar di Indonesia. Tahun lalu nilai ekspor untuk sektor tekstil dan produk tekstil (TPT) dengan nilai hampir US$ 13 miliar.

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menambahkan saat ini pemerintah terus membina UKM bidang tekstil dan fesyen dengan berbagai program. Untuk ekspor pakaian jadi hasil UKM Indonesia mencapai US$ 2,82 miliar.

“Untuk UMKM cukup cepat beradaptasi dengan kondisi new normal ini, mulai dari APD non medis hingga masker. Penjualan via e-commerce meningkat mencapai hingga 300%. Pemerintah juga menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa bunga selama 6 bulan khusus untuk pembelian mesin tekstil” kata Gati.

Perlu diketahui bahwa tekstil adalah salah satu penyumbang devisa tersebar di tanah air. Kualitas tekstil di tanah air pun semakin lama semakin bagus sehingga jangan sampai produk impor yang mendominasi pasar domestik. Hal inilah esensi gerakan bangga buatan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *