Kakanwil Kemenkumham Resmikan Pabrik Garmen di Lapas Makassar Untuk Produksi APD

TEKSTILPOST.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Harun Sulianto meresmikan pabrik garmen di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar, Kamis (16/07).

Harun mengapresiasi adanya pabrik garmen di Lapas Kelas I Makassar sebagai wujud pembinaan kemandirian. “Tugas pemasyarakatan itu agar warga binaan menyadari kesalahannya, memperbaiki diri, tidak melanggar hukum lagi sehingga menjadi warga yang baik dan berguna selama dan setelah menjadi warga binaan” kata Harun.

Harun menambahkan bahwa kegiatan ini adalah solusi inovatif di tengah menurunnya perekonomian karena pandemi COVID-19 sehingga sangat diharapkan agar produk warga binaan ini didaftarkan merk dagangnya.

Pabrik garmen tersebut merupakan kerjasama Lapas Kelas I Makassar dengan CV Amura Pratama dengan melatih 130 warga binaan untuk menjahit. Saat ini telah diproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) itu diikutkan dalam kegiatan industri. “Mereka diseleksi ketat melalui asesmen oleh tim psikologi lapas” kata Kepala Lapas Kelas I Makassar, Robianto.

Kegiatan peresmian ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Ketua Ombudsman Perwakilan Sulawesi Selatan Subhan, Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan A. Muh. Reza, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Hadi Basalamah, Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqurrakhman, Ketua BPD HIPMI Sulawesi Selatan Andi Rahmat Manggabarani, dan Direktur Utama CV Amura Pratama Andi Fahrul Amzal.

Di akhir kegiatan diserahkannya bantuan APD kepada Ikatan Dokter Indonesia Cabang Makassar, Gugus Tugas COVID-19 Makassar, dan relawan yang membantu banjir bandang di Luwu Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *