Xianhua News Klaim Batik Milik China

TEKSTILPOST.ID – Media China Xinhua News membuat geger dunia maya.  Media tersebut mengatakan bahwa batik merupakan kerajinan tradisional yang umum dikalangan kelompok etnis China dan sudah ada di negara itu sejak lama.

Dalam postingan twitter yang disertai dengan video berdurasi 49 detik yang memberikan gambaran tentang proses pembuatan batik.

“Batik adalah kerajinan tradisional China. Ini biasanya digunakan oleh kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno ini berkembang di era modern” bunyi dari video tersebut, pada media Twitter @XHNews, Minggu (12/07).

Selain itu, Xianhua News menuliskan bahwa batik adalah kerajinan tradisional ang umum di kalangan etnis di Tiongkok. Alat yang digunakan seperti spatula dan menggunakan lilin leleh, orang mewarnai kain dan memanaskan untuk menghilangkan lilin. Lihatlah kerajinan kuno berkembang di zaman modern #Amazing China.

Postingan @XHNews pun ramai dikomentari warganet. Sampai berita ini dirilis sudah ada 2100 komentar dan 1000 penyuka postingan tersebut. Berbagai macam reaksi dari warganet terkait postingan tersebut pun beragam“@XHNews Hah? Batik adalah sesuatu yang identik dengan Malaysia / Indonesia” komentar dari akun @PhaniPrasad

“@XHNews Hah? Batik adalah sesuatu yang identik dengan Malaysia / Indonesia” komentar dari akun @PhaniPrasad

“@XHNews Batik berasal dari Jawa, Indonesia dan tersebar di seluruh Asia termasuk India dan China, jangan memutar balikan fakta seolah-olah seni ini berasal dari China. Itu dari zaman kuno DITIRU oleh China” tulis akun @srinidhi24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *