Kemenperin Buka Peluang Terbitkan Jurnal Tekstil untuk Masyarakat Umum

TEKSTILPOST.ID – Kementerian Perindustrian membuka peluang bagi masyarakat umum untuk publikasi karya tulis ilmiah di bidang tekstil. Hal ini bersamaan dengan terbitnya Jurnal Ilmiah Arena Tekstil terbaru.

Jurnal Arena Tekstil ini dirilis oleh Balai Besar Tekstil. Sebagai satuan unit kerja dibawah Kemenperin, Balai Besar Tekstil mengajak masyarakat untuk membuat dan menerbitkan karya tulis ilmiah. Hal ini dapat diakses dengan meng-klik tautan ejournal.kemenperin.go.id/jiat. Pengajuan dan publikasi online di Arena Tekstil tidak akan dikenakan biaya.

Kategori yang dibutuhkan untuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini meliputi advanced textile materials and product, proses manufaktur tekstil dan pakaian, rancang/desain fashion, konservasi lingkungan dan energi di industri tekstil dan sustainable textiles & sciences.

Diwaktu yang bersamaan, Balai Besar Tekstil (BBT) merilis Jurnal Ilmiah Arena Tekstil Vol.35 No.1 Tahun 2020. Menurut webiste E-Journal Kemenperin, jurnal ini dirilis pada bulan Juni 2020.

Jurnal ini dapat diakses pada tautan bit.ly/arenatekstil_vol35-01. Judul KTI pada edisi ini meliputi :

  1. Aplikasi Serat Alam Biduri (Calotropis gigantea) Sebagai Bahan Pengisi Insulatif pada Jaket Musim Dingin,
  2. Studi Peningkatan Daya Serap Kain Poliester dengan Menggunakan Enzim Lipase,
  3. Peningkatan Sifat Moisture Management dan Soil Release Pada Kain Tenun Poliester Menggunakan Senyawa Kopolimer Hidrofilik,
  4. Pemanfaatan Daun Rami sebagai Bahan Zat Warna Alam, dan Fungsionalisasinya pada Pencelupan Kain Kapas dan Sutera, dan
  5. Structure-Activity Relationships and Surface Immobilization of Polycationic Antimicrobials.

Pada webiste E-Journal Kemenperin ini disebutkan bahwa Arena Tekstil merupakan artikel yang mempublikasikan berupa hasil penelitian orisinal yang menyampaikan informasi baru pada bidang tekstil, hasil penelitian teknis yang menggambarkan suatu pengembangan, kemajuan teknis, dan inovasi dalam manufaktur dan processing, teknik laboran dengan data eksperimental yang cukup yang mengilustrasikan kegunaan suatu metoda atau peralatan tertentu, atau artikel tinjauan ilmiah (review) yang mengupas secara kritis suatu topik pada bidang tekstil yang cukup penting.

Topik bahasan jurnal pun tidak bersifat umum, tetapi berupa suatu aspek yang dibahas secara mendalam. Arena Tekstil terbitkan selama dua kali setiap tahun dengan naskah yang masuk akan direview oleh minimal 2 orang reviewer yang sesuai dengan bidang keilmuan. Jurnal tersebut direview dengan sistem double blind review untuk menjamin objektivitas.

Arena Tekstil mengikuti kebijakan Open Access agar dapat diakses luas oleh publik. Setiap naskah yang diterbitkan tidak dipungut biaya serta tidak ada biaya proses penerbitan (Free of Charge).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *